Language

Sabtu, 06 Oktober 2012

Pengaruh Eksistensi Bahasa Gaul (Remaja) Terhadap Bahasa Indonesia

Berbicara tentang eksistensi bahasa gaul yang kian merajalela di masyarakat kita, hal itu tentu sangat berpengaruh terhadap perkembangan bahasa Indonesia.  Seiring dengan perkembangan zaman khususnya di Negara Indonesia semakin terlihat pengaruh bahasa gaul terhadap bahasa Indonesia dalam penggunaan tata bahasanya.  Banyak generasi muda yang menggunakan bahasa gaul daripada penggunaan bahasa Indonesia.  Penggunaan bahasa gaul oleh masyarakat luas menimbulkan dampak negatif terhadap perkembangan bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa.
Munculnya dan berkembangnya bahasa gaul di era saat ini menyebabkan mereka, khususnya pengguna bahasa gaul lupa akan bahasa nasionalnya sendiri yaitu bahasa Indonesia. Gejala seperti inilah yang menjadikan salah satu penghambat pertumbuhan dan perkembangan bahasa Indonesia. Dan hal tersebut dianggap sebagai penyimpangan terhadap bahasa.
Apabila masyarakat Indonesia tidak disadarkan atas pentinggnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar maka salah satu dampak besar yang ditimbulkan atau pengaruh yang ditimbulkan dari penggunaan bahasa gaul terhadap perkembangan bahasa Indonesia adalah eksistensi bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa terancam terpinggirkan oleh bahasa gaul dan lunturnya bahasa Indonesia dalam penggunaanya didalam masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar